KH. Ainul Yakin Ajak Peserta PKU Menjaga Persatuan Bangsa

0
158

CAKRAWALA MUSLIM – Pada kesempatan penyampaian materi ke-MUI-an Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Gresik, KH. Ainul Yakin mengajak pentingnya peserta PKU untuk turut serta menjaga kesatuan bangsa Indonesia. (18/11/22)

“Menjaga persatuan bangsa itu juga merupakan salah satu alasan MUI di bentuk, karena salah satu ancaman perpecahan adalah berasal dari orang-orang dengan pemahaman agama yang ekstrim,” jelas Ketua MUI Jawa Timur ini.

Majelis Ulama Indonesia juga mempunyai peran penting sebagai rumah besar umat Islam di Indonesia, karena kaitannya dengan banyaknya organisasi-organisasi Islam di Indonesia, agar dapat terkoordinasi dengan baik, sesuai nilai-nilai kemaslahatan dalam Islam.

Beliau juga menambahkan, bahwa Negara Kesatuan Rapublik Indonesia dan Pancasila sebagai dasar negara adalah kesepakatan bersama, termasuk oleh para ulama’.

Sesi dialog materi ke-MUI-an dengan Nara Sumber Ketua MUI Jawa Timur, KH. Ainul Yakin

Ketika ada orang-orang yang menganggap bahwa bentuk negara dan dasar negara menyalahi syariat, adalah salah besar, dan MUI harus menjawab.

“Bahwa kesepakatan atas negara Indonesia tidak ada yang menyalahi syariah, karena nilai ketauhidan dalam Islam pun dijamin dalam sila pertama Pancasila,” tambah beliau.

Selain mengajak menjaga persatuan bangsa, KH. Ainul Yakin juga menjelaskan, bahwa hubungan MUI dengan pemerintah sebagai mitra, dan kepada masyarakat sebagai pembimbing dan pelayan.

“Peserta pelatihan kader ulama’ diharapkan menjadi pembimbing dan pelayan umat, terutama soal problematika syariat yang senantiasa berkembang, dan menjadi tantangan kita bersama,” tutup beliau. (Is/cm)