Duta Besar Mesir Ashraf Kunjungi Ponpes Mamba’us Sholihin, Misinya Apa?

0
7
Duta Besar Mesir Ashraf Mohammaed Sultan (tidak berkopyah) saat mengunjungi ponpes di Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammaed Sultan, berkunjung ke Ponpes Mamba’us Sholihin, Manyar Gresik, pada Kamis (18/11/2021). Dalam kunjungannya Ashraf disambut meriah oleh ribuan santri dan para kyai.

Perwakilan pengasuh Ponpes Mamba’us Sholihin Agus Moh Najib mengaku sangat terkesan dengan kedatangan Duta Besar Mesir untuk Indonesia. Pasalnya, lembaga pendidikannya ini telah lama memiliki hubungan dekat dengan negeri Piramida itu.

Utamanya dalam hal pendidikan dengan Universitas Al-Azhar. Di mana telah banyak alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang melanjutkan studinya di Al-Azhar.

“Dan kini telah banyak dari mereka yang telah memiliki peran penting di tengah masyarakat dengan menjadi pemimipin instansi, pondok pesantren ataupun lembaga-lembaga lainnya,” bebernya.

Lebih lanjut, Ponpes Mambaus Sholihin sangat berharap semoga kunjungan ini dapat menghasilkan berbagai kerja sama yang intens dan berkelanjutan.

“Baik antara Indonesia dengan Mesir secara umum ataupun antara Al-Azhar dengan Mambaus Sholihin secara khusus,” tukasnya.

Sementara itu, Ashraf meyampaikan bahwa negaranya memiliki kedekatan dan kesamaan dengan Indonesia. Utamanya dalam mengkampenyakan Islam yang tasamuh, moderat, serta cinta kepada negara.

“Juga pentingnya hubbul wathon cinta dan bela Negara dalam kehidupan bersama. Maka, kedatangan ini tak lain adalah dalam rangka menjalin kerjasama dalam hal-hal tersebut,” katanya.

Menurutnya, apa yang telah berlangsung antara Indonesia dan Mesir atau sepesifiknya Universitas Al-Azhar adalah sesuatu yang telah lama terjalin dan patut dibanggakan. Ditambah banyak sekali syaikh al-Azhar yang telah menganggap Indonesia sebagai Negara keduanya.

“Kunjungan kami ke Jawa Timur ini adalah yang pertama kalinya, dan kami berharap semoga ini bukanlah yang terakhir,” terangnya.

Sebelumnya, Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammad Sultan, diketahui telah lebih dulu mengunjungi Ponpes Langitan Tuban. Kunjungan Ashraf ke Provinsi Jawa Timur merupakan kali pertama saat dirinya menjabat sebagai duta besar. (sah)