Serunya, Senam Bela Negara Pendidikan Kader Ulama MUI Gresik

0
22
Foto : Peserta pendidikan kader ulama tengah mengukuti senam pagi.

CAKRAWALA MUSLIM – Sebanyak 40 peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik kompak mengikuti senam bela negara, Sabtu (6/11/2021) pagi di halaman Ponpes Mamba’us Sholihin. Dengan memakai kaos berwarna putih, gerakan tubuh mereka seirama dengan instruktur senam yang dipimpin anggota TNI dari Koramil Manyar.

Uniknya, sanam ini dinamakan senam ‘bela negara’, secara keseluruhan gerakan senam ini tidak berbeda jauh dengan senam pada umumnya. Tapi senam bela negara memiliki filosofi khusus bagaiamana Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kesatuan yang harus dipertahankan.

Ada banyak banget manfaat dari senam ini, seperti melemaskan otot-otot tubuh, memperluas gerakan persendian, menghilangkan cedera otot, meningkatkan kesehatan, dan kebugaran jasmani. Hal ini selaras dengan ajaran agama yakni menjaga kesehatan, dimana kader ulama harus tetap sehat demi bisa menjaga umat.

Foto : Senam dimpimpin oleh anggota Koramil Manyar.

Salah satu peserta Ilyas Sandi mengaku senang mengikuti olahraga senam ini. Menurutnya, gerakan senam bela negara membuat dirinya lebih santai dan lebih fokus menyerap materi PKU nantinya. Apalagi senam digelar secara bersamaan, membuat suasana sangat menyenangkan.

“Senang sekali bisa ikut senam pagi. Senam membuat kami bisa fokus menerima materi-materi yang akan disampaikan narasumber,” kata peserta utusan dari Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) itu.

Hal senada juga disampaikan Ghozi Islam, dia juga merasa senang mengikuti kegiatan ini. Peserta utusan dari MUI Tambak itu menyebutkan, menjaga tubuh dari penyakit merupakan penrintah agama yang harus dilaksanakan.

“Nah, senam merupakan bagian ikhtiar dari menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Semoga kita semua dijauhkan dari segala marabahaya termasuk Covid-19,” terangnya. (sah)