Hadir Di Pelantikan DMI Bungah, Bu Min Ingatkan Pentingnya Memakmurkan Masjid Sebagai Penguat Karakter dan Moral Umat

0
10

CAKRAWALA MUSLIM – Pelantikan pengurus DMI Kecamatan Bungah masa bakti 2021-2025, resmi digelar, di pendopo Kecamatan Bungah, Sabtu (09/10/2021). Dengan melantik Ahmad Muhaimin sebagai Ketua DMI Kecamatan Bungah.

Acara yang berlangsung hidmat itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah. Dalam sambutanya, Bu Min mengatakan, fungsi masjid selain sebagai rumah ibadah umat muslim, juga merupakan pusat kegiatan sosial kemasyarakatan dibidang keagamaan. Selain itu, masjid juga sebagai sarana membangun kerukunan umat.

Hal tersebut tak lepas dari peran aktif organisasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang memiliki kepengurusan pusat di tingkat nasional hingga pimpinan cabang di setiap daerah.

“DMI sebagai sebuah organisasi berbasis masjid merupakan organisasi penting diantara ormas-ormas islam lainnya. Sebab, melalui DMI kita bisa menyerap berbagai aspirasi masyarakat. Disisi lain, terbentuknya moral umat muslim dan peningkatan karakter bermasyarakat utamanya kepada generasi muda, bisa terwujud karena adanya DMI di tengah masyarakat melalui upaya dalam memakmurkan masjid,” kata Bu Min.

Bu Min menambahkan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebagai organisasi berbasis masjid diharapkan mampu membangun sinergitas sebagai komponen penggerak dalam memakmurkan masjid. DMI juga diharapkan mampu menghidupkan kembali semangat umat utamanya generasi muda melalui dakwah sebagai sarana edukasi, pembinaan kaderisasi hingga pemberdayaan masyarakat berbasis masjid.

“Saya harap DMI bisa menguatkan sinergi, termasuk dengan kami selaku pemerintah daerah agar program yang dijalankan DMI dapat selaras dengan kebijakan kami di pemerintah daerah,” kata Bu Min.

Bu Min juga mendukung kegiatan DMI terkait dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan UMKM berbasis masjid. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui peran DMI bersama masyarakat terutama pemuda milenial berbasis masjid.

“Ini inisiatif yang bagus untuk mengembangkan ekonomi berbasis masjid. Mari terus perkuat peran DMI bersama masyarakat dalam meningkatkan kontribusi umat islam dalam pemulihan ekonomi. Kami pemerintah daerah juga akan berupaya membantu semaksimal mungkin untuk memfasilitasi prorgam ini melalui Dinas terkait,” pungkas Bu Min. (sah)