Gelar Majelis Dzikir, Upaya MUI Gresik Berdo’a untuk Keselamatan Umat

0
326
Ketua MUI KH Mansoer Shodiq saat memberikaan sambuata dalam Majelis Dzikir. (*)

CAKRAWALA MUSLIM – Gelaran Majelis Dzikir yang dinahkodai MUI Gresik benar-benar terlaksana dengan khidmat, pada Kamis (5/8/2021) malam. Iringan do’a dan kalimat pujian terhadap sang pencipta menggema di seluruh ruangan Aula Masjid Agung Gresik.

Majelis yang digelar setiap Hari Kamis ini, selain cara mendekatkan diri kepada Allah, juga sebagai upaya MUI Gresik untuk keselamatan umat. Iringan do’a para kyai dan jama’ah diharapkan menjadi mustajabah agar pandemi ini segera berakhir.

Ketua Umum MUI Gresik KH Mansoer Shodiq menyampaikan Majelis Dzikir MUI ini diselenggarakan sebagai bentuk ikhtiar batiniah untuk keselamatan umat, selain juga ikhtiar dhohir yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan masing-masing individu.

“Ikhtiar batiah untuk keselamatan umat ini merupakan penyempurna dari ikhtiar dhohir penanganan covid-19 yang selama ini sudah dilakukan oleh pemerintah dan masing-masing diantara kita,” jelasnya.

Untuk itu, dalam majelis itu Mansoer mengajak semua masyarakat Gresik bersama para ulama dan umara (pemerintah) memanjatkan doa untuk keselamatan umat dari Covid-19.

“Mari berdo’a agar kita dijauhkan dari segala marabahaya, khususnya wabah yang menerpa kita, yaitu Covid-19,” terangnya.

Sementara itu Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani merasa bersyukur atas terselenggaranya Majelis Dzikir MUI Gresik ini. Pasalnya, dia berharap melalui doa dan lantunan sholawat agar pandemi covid-19 segera berakhir.

“Melalui Majelis Dzikir, Doa dan Sholawat bersama para kyai, habaib dan semua masyarakat Gresik ini menjadikan keberkahan dan semoga pandemi covid-19 segera berakhir,” tutur bupati yang juga ikut dalam forum tersebut.

Bupati juga mendoakan untuk masyarakat Gresik yang sedang sakit baik isoman maupun yang berada di rumah sakit agar diberi kesembuhan.

“Kita do’akan bersama semoga masyarakat Gresik yang sedang sakit baik isoman maupun di rumah sakit cepat sembuh,” tambahnya.

Meski dilaksanakan secara virtual tak menyurutkan antusiasme masyarakat Gresik mengikuti kegiatan tersebut, tampak Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah larut dalam lantunan doa bersama ratusan jamaah yang menyimak secara virtual.

Adapun, Majelis Dzikir dipimpin langsung oleh KH. Ainur Rofiq Toyib dan doa dibacakan secara bergiliran para Kyai dan Habaib. Diantaranga Habib Ahmad Ismail Alhabsy, KH. Ahmad Fathoni Abdus Syukur, KH. Afif Maksum, KH. Moh. Zainuri, KH. Chuvav Ibry dan KH. Masyhudi Ketua MUI Sangkapura. (bib)